6 Rahasia Kesehatan Dari Taiwan

Penulis Bonnie Munday menemukan banyak peluang kesehatan di Taiwan.

6 Rahasia Kesehatan Dari Taiwan
6 Rahasia Kesehatan Dari Taiwan

1. Kebugaran, Gaya Timur Jauh


Ketika saya memulai perjalanan bersepeda ke Taiwan pada bulan November, saya tahu itu akan memberi saya dorongan sehat yang disambut baik saat musim dingin Kanada mulai datang. Dan tentu saja: tidak ada yang seperti bepergian dengan menggunakan roda dua. Saya menemukan Taiwan adalah tempat yang luar biasa untuk melakukannya juga. Ada infrastruktur bersepeda yang luar biasa; tidak hanya beraspal mulus, jalur sepeda khusus menjadi bagian dari jalinan kota dan bahkan kota besar seperti Taipei, ada rute bersepeda 900 kilometer di sekitar lingkar Taiwan.

Setiap tahun, penggemar bersepeda melakukan perjalanan ke sini untuk tur keliling pulau Formosa 900 sebagai bagian dari Festival Bersepeda Taiwan. Grup kecil saya melakukan beberapa bagian tertentu dari rute ini, dengan cakap dipimpin oleh pemandu kami Min Hseih dari Giant Adventure . Jadi, saya pergi ke Timur Jauh untuk mencari udara segar dan kebugaran. Tetapi di sepanjang jalan, saya mengambil beberapa gagasan kesehatan tambahan, tidak hanya di Taiwan tetapi juga di Hong Kong.

2. Pemandian Hutan


Bagian dari bersepeda kami adalah di Kepulauan Penghu, sebuah kepulauan di sebelah barat Taiwan. Udara benar-benar panas — lebih dari 30 derajat Celcius — dan sangat berangin. Jadi itu adalah kesenangan untuk beristirahat di bawah naungan pohon beringin berusia 300 tahun yang secara harfiah menyelimuti kuil Tao Dinasti Qing awal bernama Bao An, di desa Tungliang.

Di bagian dunia ini, praktik “mandi hutan” tidak melibatkan air; hanya menghabiskan waktu bersantai di antara pepohonan. Shinrin-yoku adalah istilah Jepang untuk ini, dan menghirup udara hutan dianggap baik tidak hanya untuk jiwa, tetapi juga tubuh: Sebuah studi tahun 2017 di Taiwan menunjukkan bahwa ketika orang menghabiskan dua jam di hutan, denyut nadi, tekanan darah sistolik dan diastolik mereka secara signifikan lebih rendah, menunjukkan manfaat fisiologis berkat pemulihan stres.

Ini juga merupakan bentuk alami aromaterapi, karena banyak tanaman hutan mengeluarkan molekul wangi yang disebut terpene, yang telah terbukti memiliki manfaat kesehatan.

3. Kuil yang Tenang


Saya merasa sangat istimewa untuk dapat beristirahat sejenak dari sepeda dan memasuki udara yang tenang dan beraroma dupa dari salah satu dari banyak kuil di sini. Tampaknya ada kuil Buddha atau Tao di setiap sudut di Taiwan. Tidak hanya mereka penuh warna dan indah di luar, mereka adalah tempat suci di dalam. Banyak orang di sini mengunjungi kuil lokal mereka setiap hari, menjadikannya ritual untuk menyalakan dupa dan berdoa. Kuil-kuil di bagian dunia ini dimaksudkan sebagai tempat suci tidak hanya untuk beribadah tetapi juga menenangkan pikiran Anda, merefleksikan dan bermeditasi — manfaatnya telah diketahui dengan baik.

4. Hidroterapi Kontras


Taiwan adalah sebuah gunung berapi, pulau bergunung-gunung, dan karena itu memiliki banyak sumber air panas alami — bahkan, itu berperingkat sebagai salah satu tempat terbaik di dunia untuk mengalami perairan terapeutik ini. Mereka dikatakan tidak hanya melembutkan kulit (berkat kandungan mineral air) tetapi juga gangguan sistem saraf dan pencernaan, sirkulasi, dan organ-organ.

Saya mengunjungi beberapa sumber air panas di pinggiran kota Taipei yang disebut Beitou, tempat Anda diharuskan mandi air dingin sebelum terjun ke air panas mata air itu — dan tampaknya ada manfaatnya juga. Bergantian panas dan dingin dapat menyirami manfaat rasa sakit tertentu seperti peradangan dari cedera olahraga. Ini juga dapat membantu dengan cedera regangan berulang.

5. Upacara minum teh


Saya merasa agak stres menemukan jalan saya melalui kota Taipei yang ramai, dengan jalan-jalannya yang luas dan sibuk, kerumunannya di bawah tanah kereta bawah tanah dan trotoar di luar. Maka tiba di lingkungan "kota tua" Dadao Chen, dengan jalan-jalan sempit dan taman-taman rindang yang tenang, adalah perubahan pemandangan yang menenangkan.

Minum teh adalah bagian besar dari budaya Tiongkok, jadi saya harus mengunjungi Wang Tea , salah satu toko teh tertua di Taipei. Tuan rumah saya, Jason Wang, menunjukkan kepada saya bagaimana membuat secangkir Oriental Beauty yang sempurna, perpaduan eksklusif. Saya suka menonton upacara itu semua. Dia tidak cukup mendidih airnya— “Seharusnya di bawah 90 derajat Celcius,” kata Jason — dan kemudian dia menuang air ke dalam cangkir porselen kecil, dan meletakkan tutupnya di atasnya. Kami menunggu, mengobrol dengan tenang. Beberapa menit kemudian, dia menuangkan teh ke dalam teko gelas yang lebih besar, lalu menuang lebih banyak air panas ke dalam cangkir kecil. Dan kami menunggu. (Ini bukan tempat untuk terburu-buru, yang dengan sendirinya merangsang relaksasi.) Akhirnya, ketika pot gelas sudah penuh, Jason menuangkan secangkir teh orangey-pink untuk kami masing-masing.

Selain manfaat kesehatan dari minum teh , harus ada sesuatu yang bermanfaat untuk memperlambat dan duduk untuk menikmatinya, daripada mengambil cangkir bungkus makanan dan bergegas ke janji temu berikutnya seperti yang kita lakukan di Amerika Utara. Saya tahu bahwa ketika saya berjalan keluar pintu kayu tua dari Wang Tea, saya merasa bersemangat dan siap untuk menangani kota sekali lagi.

6. Pijat Gong di Ruang Garam


Saya memutuskan untuk menambahkan beberapa hari ke akhir perjalanan Taiwan saya untuk mengunjungi Hong Kong, hanya penerbangan singkat, dan sementara di sana saya ingin mengalami sesuatu yang hanya saya baca: pijat Gong, juga dikenal sebagai pijat suara atau terapi bernyanyi-mangkuk. Mengendarai lift ke lantai 10 gedung tinggi kurus di Wan Chai, di Pulau Hong Kong, saya bingung tentang apa yang diharapkan.

Sound Therapy Pendiri Hong Kong Jennifer Tang menyambut saya dan membawa saya ke sebuah ruangan dengan dinding garam bercahaya tempat saya memijat gong saya — ada 20 ton batu bata garam Himalaya merah muda di tempat itu! —Dan menjelaskan garamnya enak untuk respirasi, di antara manfaat lainnya .

Pijat itu tidak seperti yang pernah saya lakukan sebelumnya. Yang memancarkan suara bergetar. Sering kali, dia mengambil palu lembut dan mengetuk sisi mangkuk. Suara itu dalam dan bergema, dan saya bisa merasakan getaran di dalam tubuh saya.

Menurut sebuah studi 2016, pijat suara dengan mangkuk bernyanyi ini memiliki potensi untuk mengurangi stres, kemarahan, depresi, dan kelelahan.

"Pemukulan mangkuk merusak penyumbatan di tubuh," kata Jennifer setelah itu. "Dan ritme mangkuk bekerja pada ritme tubuh kita untuk mengembalikan kita ke kondisi seimbang."

Saya tidak akan berdebat dengan itu. Saya berjalan keluar dari Terapi Suara dengan perasaan sangat santai.

0 Response to "6 Rahasia Kesehatan Dari Taiwan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel